Tuesday 6 May 2014

MAKANAN PENAMBAH DARAH TERBAIK.

1. Kuning telur 

Kuning telur adalah salah satu makanan yang dapat menambah darah dalam tubuh anda karena di dalam kuning telur mengandung banyak kandungan seperti protein 10,8 gr, karbohidrat 0,7 gr, vitamin B20, vitamin B 10, zat besi, asam nikotenat, fosfor, kalsium, potasium, asam pantotenat, seng, dan sulfat. Zat besi dalam kuning telur sangat baik untuk merangsang sel darah merah dalam tubuh sehingga dapat mengatasi anemia. Anda cukup mengkonsumsi 1 kuning telur dalam sehari dengan penyajian sesuai selera anda.
 
 

2. Buah-buahan
 
Buah-buahan memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Selain mengandung vitamin yang beraneka ragam, buah-buahan juga dapat mengatasi anemia (kekurangan darah). Buah-buahan juga terbukti dapat melancarkan peredaran darah dalam tubuh anda karena mengandung zat besi, sehingga anda sebaiknya mengkonsumsi buah-buahan secara rutin. Buah-buahan yang dapat menambah darah di antaranya adalah apel, anggur, kismis, plum, melon, jeruk, dan masih banyak lagi. 
 
 

3. Sayur-sayuran
 
Sayuran adalah salah satu bagian dalam makanan empat sehat lima sempurna karena memang sayuran mempunyai kandungan serat dan gizi yang baik untuk tubuh anda. Meskipun tidak semua sayuran dapat menambah dara, namun tidak ada salahnya jika anda rutin mengkonsumsi sayuran dalam menu makan anda setiap hari. Di antara sayuran yang mampu menambah darah adalah bayam, daun ubi, kacang polong hijau, kacang merah, kol, lobak, kentang, brokoli dan sawi. Di antara makanan tersebut yang paling baik untuk menambah darah adalah daun ubi, karena ubi mengandung zat besi yang dapat merangsang sel darah merah untuk aktif dan menambah oksigen ke dalam darah.

4. Daging
 
Daging merupakan salah satu makanan yang dapat menambah sel darah merah dalam tubuh anda, serta mengandung zat besi yang cukup tinggi. Meskipun banyak orang yang anti mengkonsumsi daging karena khawatir akan kolesterol / lemak tetapi daging juga berfungsi untuk menambah darah. Daging mudah diserap oleh usus sehingg tidak menyebabkan pencernaan tersumbat. Di antara daging yang disarankan untuk menambah darah adalah daging ayam dan itik yang lebih rendah kolesterolnya. Tetapi yang harus anda ingat adalah jangan terlalu banyak mengkonsumsi daging untuk menghindari penumpukan kolesterol dalam tubuh yang dapat memicu serangan jantung.

5. Kacang almond
 
Kacang almond adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang mengandung zat besi yang cukup tinggi sehingga baik untuk menambah darah dalam tubuh anda. Di dalam 1 ons kacang almond dapat memenuhi 6% kebutuhan zat besi dalam tubuh. Jadi apa salahnya anda mengkonsumsi kacang almond jika anda merasakan gejala anemia.

6. Roti dan sereal
 
Makanan yang berbahan dasar gandum sangat baik untuk menambah darah dalam tubuh anda karena mengandung zat besi yang cukup tinggi dan mencukupi 20% kebutuhan zat besi tubuh anda. Di antara makanan yang berbahan dasar gandum adalah sereal, roti, havermut yang sebaiknya anda konsumsi setiap hari dalam porsi yang tepat untuk mencegah gejala anemia.

Anemia dapat dialami oleh siapa saja yang kekurangan asupan nutrisi khususnya zat besi, jadi alangkah baiknya anda selalu menjaga pola makan teratur dengan kandungan gizi dan nutrisi yang lengkap. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi menarik dan bermanfaat.

No comments:

Post a Comment